Halaman

Sabtu, 04 Januari 2014

contoh karya tulis ilmiah Bab IV

BAB IV
Kesimpulan dan Saran

4.1 Kesimpulan
            Semua mahluk hidup pasti akan melakukan komunikasi baik verbal maupun non verbal, komunikasi saat ini sudah menjadi suatu hal yang biasa tapi untuk apakah kita berkomunikasi ?. Komunikasi sangat penting bagi manusia dengan komunikasi kita dapat mengenal orang lain, saling ngobrol, menasehati dan lain-lain, dalam pengertiannya pun mengatakan “komunikasi adalah suatu proses menyampaikan pesan dimana ada komunikator dan komunikan agar komunikasi terjadi”.
            Komunikasi banyak definisinya tapi berbeda dengan komunikasi islam dimana komunikasi dengan prinsip atau kaidah keislaman sesuai dengan definisi nya yakni “komunikasi islam adalah proses penyampaian pesan-pesan keislaman dengan menggunakan prinsip-prinsip komunikasi dalam islam”. Dengan pengertian demikian, maka komunikasi islam menekankan pada unsur pesan yakni risalah atau nilai-nilai islam, dan cara bicara atau gaya bicara dan bahasa lebih baik sopan.
            Kaidah, prinsip atau etika komunikasi islam ini merupakan panduan bagi kaum muslim dalam melakukan komuikasi baik dalam intrapersonal, interpersonal dalam pergaulan sehari-hari, berdakwah secra lisan dan tulisan maupun aktivitas lain.
            Dalam komunikasi islam terdapat etika yang harus dipatuhi agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi dilihat dari segi fungsi dan perannya, dapat dikatakan bahwa etika adalah menentukan hokum atau nilai dari suatu perbuatan yang dilakukan seseorang untuk di tentukan baik dan buruknya. Dengan kata lain etika menghendaki terciptanya masyarakat yang baik, teratur, aman, damai, tenteram, dan sejahtera lahir dan batin.
4.2 Saran

            Komunikasi saat ini sudah berambah di seluruh dunia terutama di Indonesia diharapkan bisa menggunakan prinsip komunikasi islam agar masyarakat terbiasa berkomunikasi dengan bahasa dan gaya atau cara bicara yang baik sesuai ajaran islam, dengan terbiasa mengugunakan komunikasi islam dipastikan masyarakat Indonesia akan lebih tentram, damai dan sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar